Skip to content
Program
Program
Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional

Sejak Februari 2021 lalu, ADUPI dan Leminerale telah menginisiasi sebuah program yaitu “Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional”, sebagai salah satu solusi dalam upaya agar botol plastik bekas pakai tidak berakhir ke lingkungan kita. Dan program ini telah di terapkan di sejumlah wilayah Jabodetabek dan Banten. Program ini pun sangat disambut baik bagi para pelaku daur ulang plastik di tingkat Pengepul, Bank Sampah dan Kelompok Pemulung.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah serapan botol plastik bekas pakai untuk menjadi bahan baku dan membentuk ekonomi sirkular demi mensejahterakan para pelaku daur ulang plastik. Sejauh ini program gerakan ekonomi sirkular berhasil memaksimalkan jumlah serapan botol plastik sekali pakai, tercatat sejak akhir bulan Maret 2021 hingga akhir bulan Juli 2021 lalu 6 mitra binaan ADUPI berhasil mengumpulkan botol plastik sebanyak 1.595.991 Kg.

Maka dari itu recycle adalah hal yang nyata dan sirkular, karena itu Industri daur ulang plastik dikategorikan sebagai Industri Hijau (Green Industry) yang mana proses daur ulang lebih sedikit menggunakan energy dan bahan baku dari alam.

Tunggu apalagi mari bersama dan dukung Gerakan ekonomi sirkular nasional untuk Indonesia lebih bersih dan maju

Program
Penyerahan Dana Bantuan Modal

Melalui Program Gerakan Sirkular Ekonomi Nasional yang bekerjasama dengan Le Minerale, ADUPI telah menyerahkan bantuan
kepada mitra terpilih sebagai apresiasi atas keinginan dan usaha mereka dalam meningkatkan serapan bahan baku daur ulang plastik 30% lebih tinggi dari kapasitas yang mereka kelola sekarang.

Sebagai langkah nyata, telah diserahkan bantuan modal usaha untuk mitra binaan ADUPI

Panduan ,Pelatihan & Pendampingan Mitra

Selain itu ADUPI telah menyiapkan berbagai perangkat penunjang, diantaranya;

1) pengurusan legalitas usaha;
2) Pelatihan panduan identifikasi sortir material plastik;
3) Pelatihan dan pendampingan manajemen usaha dan keuangan secara berkala.

Melalui gerakan ini diharapkan akan mampu mengoptimalkan ekosistem daur ulang yang sudah terbentuk di Indonesia dan sekaligus meningkatkan serapan material daur ulang plastik

 

Program
MENGUBAH MASA DEPAN

Dengan meningkatkan serapan materi daur ulang, maka turut berperan dalam menjaga lingkungan dengan mencegah agar kemasan plastik bekas pakai tidak terbuang menjadi sampah, tetapi dipilah, dikumpulkan dan akhirnya dimasukan ke siklus daur ulangnya.